Menghitung berat badan ideal

Pasti hampir semua wanita di dunia ini pengen deh punya berat badan yang ideal. Eh, tapi sepertinya bukan cuma wanita loh yang takut berat badannya bertambah. Pria pun begitu. Karena namanya juga manusia. Ingin terlihat “wow”. Bukannya begitu ?

Tapi, karena berhubung yang sekarang nulis ini adalah seorang wanita. Jadi, mari kita bahas berat badan ideal dari sisi wanita aja :). Wanita itu selalu beranggapan, cantik itu ya harus punya kulit putih, hidung mancung, dan yang pasti tinggi serta kurus.  Ya kan? (sama kalau gitu ama gw hihi).

Nah, gara-gara minggu kemarin pakek timbangan dirumah mertua. Liat timbangan yang bergerak ke angka 49 kg itu rasanya antara kanget ga percaya, senang karena akhirnya berat badan bertambah, dan sekaligus sedih karena keknya 49 kg itu gede banget. Bener ga sih gw kegendutan? Bener ga sih sekarang ini berat badan gw udah ga idea lagi? Biar gw ga penasaran lagi ama berat badan ideal gw. Jadi, tadi gw iseng search di google tentang berat badan ideal.

  1. BMI (Body Mess Index) 

Rumus BMI ini menggabungkan perhitungan pada tinggi serta berat tubuh seorang. Hingga akhirnya bakal jadi berat tubuh ideal orang itu. Berukut ini rumusnya :

Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi tubuh)

Contoh :

Berat badan gw 48 kg

Tinggi Badan 160 cm = 1,6 m

BMI = 48  kg : (1,6 m x 1,6 m) = 18.75 (Normal) body-mass-index_zps9b2fc403

2. Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal wanita 

Berat wanita ideal = (Tinggi tubuh – 100) – (15% x (Tinggi tubuh – 100))

Contoh :

Tinggi badan gw : 160 cm

(160– 100) – (15% x Tinggi tubuh – 100) = 60 – (15% x 60 ) = 60 – 9 = 51 Kg

Jadi berat tubuh ideal gw dengan tinggi 160 cm yaitu 51 kg

NB : Prosentase 15% dapat dirubah jadi 10% dengan prasyarat bila wanita tersebut terasa begitu sehat serta begitu bugar.

Yup, dengan begitu, berat badan gw bisa dikatakan normal.

Nah, buat wanita yang mau tau berapa sih berat badan idealnya. Bisa di hitung sediri ya.

Sealamat mencoba 🙂

 

Leave a Reply

